Lensa Kacamata Minus Jadi Kece dengan Pelapis Photocromic

Sumber: https://asset.kompas.com/crops/j9UX9WHVDzbRzlbfNnvAQRA7h2A=/0x0:675x450/750x500/data/photo/2020/12/02/5fc68bf3ec7d7.jpg

Saat Anda bepergian ke pantai atau ke taman kota yang mana sinar matahari sangat terpancar di hadapan Anda membuat Anda ingin melepaskan lensa kacamata minus dan mengganti dengan kacamata hitam. Tentunya ini tidak praktis dan membuat Anda tidak dapat melihat objek dengan jelas.

Penggunaan kacamata hitam memang untuk menghalau sinar matahari dan sebagai anti radiasi. Jika mata Anda sering terpapar sinar matahari secara berlebihan maka akan berdampak buruk bagi mata Anda terutama bagian kornea dan konjungtiva mata.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang kegunaan lensa kacamata minus anti radiasi. Ternyata lensa anti radiasi dapat dikombinasikan dengan jenis lensa photocromic.

Apa Itu Lensa Photocromic?
Lensa photocromic adalah jenis lensa transisi yang dapat berubah warna ketika terpapar sinar matahari. Pada umumnya warna lensa akan menjadi lebih gelap atau menjadi hitam. Seiring berkembangnya teknologi, kini hadir lensa kacamata minus photocromic dengan berbagai variasi warna, ada biru, kuning, ungu dan lain sebagainya.

Transisi warna dapat berubah sesuai dengan redup atau terangnya sinar matahari. Ketika berada di dalam ruangan lensa kacamata minus berwarna bening, setelah keluar ruangan dan terpapar sinar matahari akan berubah sesuai variasi warna dalam hitungan detik.

Lensa kacamata minus photocromic dilapisi dengan bahan perak klorida atau perak halida. Ada juga yang menggunakan bahan karbon yang dapat menyerap cahaya dan membuat lensa terlihat lebih gelap.

Harga kacamata photocromic mulai dari ratusan ribu bahkan sampai jutaan tergantung kualitasnya.

Manfaat Pelapis Photocromic
Memang terlihat lebih kece ketika Anda menggunakan lensa kacamata minus photocromic yang dapat berganti warna. Namun lebih dari itu ternyata pelapis tersebut punya manfaat lainnya. Ini beberapa manfaat pelapis photocromic:

1. Menjaga Kesehatan Mata
Sinar matahari yang sangat tajam akan merusak mata Anda, dengan pelapis photochromic dapat menjaga kesehatan mata, terhindar dari gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Adaptif terhadap sinar
Pelapis photocromic dapat menyesuaikan perubahan warna dalam hitungan detik ketika terpapar sinar matahari.

3. Praktis
Penggunaan lensa photocromic sangat praktis bagi Anda yang memiliki mata minus sehingga tidak perlu mengganti dengan kacamata hitam.

4. Penglihatan lebih jelas
Lensa kacamata terdapat lensa koreksi minus yang membantu mata untuk melihat objek dengan jelas.

5. Mata lebih rileks
Pelapis photocromic meringankan kerja pupil, bagian mata yang mengatur kuantitas cahaya. Pupil tidak bekerja dengan berat ketika ada perubahan sinar dari gelap ke terang atau sebaliknya.

Sumber:
https://health.kompas.com/read/2020/12/02/080200768/apa-itu-kacamata-photochromic-?page=all
https://womantalk.com/news-update/articles/bisa-berubah-warna-di-bawah-sinar-matahari-ini-5-kelebihan-lensa-transisi-dibanding-kacamata-biasa-ymVMe
https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-kacamata-photochromic/
https://www.allaboutvision.com/id-id/kacamata/lensa/cara-memilih/